Nazarene Space

Komunitas Nasrani Indonesia

Information

Komunitas Nasrani Indonesia

Kami adalah komunitas religius pengikut Yeshua ha-Mashiach yang dikenal mula-mula dengan sebutan Nasrani (Kisah Para Rasul 24:5).

Members: 22
Latest Activity: Mar 25

Apakah Komunitas Nasrani itu ?



Apakah Komunitas Nasrani itu ?


Kami adalah komunitas religius pengikut Yeshua ha-Mashiach yang dikenal mula-mula dengan sebutan Nasrani (Kisah Para Rasul 24:5). Santo Yerome, Bapa Gereja dari abad keempat, menjelaskan kaum ini sebagai orang "...yang menerima Kristus sedemikian rupa namun tanpa meninggalkan Hukum yang lama." Saat ini kami berusaha untuk mengembalikan ajaran Yeshua ke konteks aslinya. Gerakan kami merupakan suatu kebangunan kembali kehidupan spiritual kuno, suatu proses kembali kepada ajaranNya yang murni seperti halnya jemaat yang mula-mula di Yerusalem.


Siapa kami ?

Pengikut Yeshua yang mula-mula merupakan sebuah sekte Yahudi yang dikenal sebagai "Nasrani" atau dalam bahasa Ibrani "Netzarim" (Kisah Para Rasul 24:5). Santo Yerome, Bapa Gereja dari abad keempat, menjelaskan kaum ini sebagai orang "...yang menerima Kristus sedemikian rupa namun tanpa meninggalkan Hukum yang lama." Saat ini kami berusaha untuk mengembalikan ajaran Yeshua ke konteks aslinya. Gerakan kami merupakan suatu kebangunan kembali kehidupan spiritual kuno, suatu proses kembali kepada ajaran-Nya yang murni seperti halnya jemaat di abad pertama.


Kepercayaan kami

Kami sepenuhnya percaya kepada keesaan dan keunikan Tuhan. Tiada Tuhan selain YHWH - Tuhan Yang Maha Tinggi, Yang Maha Suci, Yang Maha Kuasa, Pencipta Alam Semesta, Bapa kami.

Hukum Terutama (Ibrani : mitzvah ha-rishonah) kami adalah perintah yang disampaikan Tuhan di hadapan tiga juta orang Israel sekitar 3500 tahun yang lalu :

Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Elohim kita, Tuhan itu esa !
Kasihilah Tuhan Elohimmu,
dengan segenap hatimu dan
dengan segenap jiwamu dan
dengan segenap kekuatanmu !
(Ulangan 6:4-5)

Kami juga percaya kepada Yeshua ha-Mashiach sebagai Firman Elohim, Anak Elohim, Mesias, Sang Jalan, Guru kami, Gembala kami, Juruselamat kami, Tuhan kami, Raja segala raja. Ia bukan datang untuk meniadakan Taurat melainkan untuk menggenapinya. Lebih jauh Ia meneguhkan Hukum Terutama ketika menjawab pertanyaan seorang ahli kitab tentang hukum manakah yang paling utama.

Jawab Yeshua, "Hukum yang terutama ialah:
Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Elohim kita, Tuhan itu esa !
Kasihilah Tuhan Elohimmu,
dengan segenap hatimu dan
dengan segenap jiwamu dan
dengan segenap akal budimu dan
dengan segenap kekuatanmu !"
(Markus 12:29-30)


Ibadah kami

Kami tidak meninggalkan sistem kepercayaan yang berbasiskan Taurat untuk "beralih" ke sebuah agama yang baru atau asing. Kami menjalankan Keriath Shema : pembacaan syahadat dua kali sehari (Ulangan 6:7). Dan bunyinya demikian :

Shema Yisrael, Adonay Eloyhenu, Adonay Echad !
(Dengarlah Israel, Tuhan Elohim kita, Tuhan itu esa !)

Kami beribadah pada hari Sabat karena Tuhan memerintahkan kami untuk menguduskan hari-Nya itu (Keluaran 20:8-11). Hari Sabat adalah Sabtu, bukan Minggu. Jangan keliru. Konsili Nikea (325 M) telah mengubahnya. Taatlah hanya kepada perintah TUHAN dan bukan kepada perkataan manusia.

"Akulah TUHAN, Elohimmu: Hiduplah menurut ketetapan-ketetapan-Ku dan lakukanlah peraturan-peraturan-Ku dengan setia, kuduskanlah hari-hari Sabat-Ku, sehingga itu menjadi peringatan di antara Aku dan kamu, supaya orang mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Elohimmu." (Yehezkiel 20:19-20)


Kitab suci kami



Taurat adalah Hukum Elohim. Taurat bersifat kekal dan tidak dapat digantikan. Taurat, Nebiim (kitab para nabi) dan Kethubim (tulisan-tulisan) ditulis dibawah inspirasi Roh Kudus. Ketiga bagian itulah yang anda kenal selama ini sebagai "Perjanjian Lama" dimana kami menyebutnya Alkitab Tanakh. Di samping itu kami mempunyai "Perjanjian Baru" yang kami sebut sebagai Kethubim Netzarim (tulisan kaum Nasrani), yang juga diinspirasi oleh Roh Kudus. Hal yang terbesar ialah kami dianugerahi pula Firman Elohim yang hidup. Bukankah Tuhan telah berfirman demikian :

"Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan." (Ulangan 30:14)

"Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu", demikianlah firman Tuhan : "Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Elohim mereka dan mereka akan menjadi umatKu." (Yeremia 31:33)

Yeshua adalah Firman Elohim yang hidup.

PEMBUKA

Pernyataan iman ini ditujukan hanya sebatas sebuah pernyataan saja dan tidak dimaksudkan untuk menjadi semacam Pengakuan Iman. Pernyataan ini tidak boleh dipandang memiliki kesetaraan dengan Kitab Suci. Pernyataan ini dibuat semata-mata untuk tujuan berikut :

1. Mengklarifikasikan beberapa hal dimana kami telah disalah-pahami.
2. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan iman kami.
3. Menciptakan pengertian dan kesamaan pandangan di antara jemaat yang tergabung.


PERNYATAAN IMAN NASRANI


1. YHWH
* Kami percaya bahwa YHWH adalah Esa (Echad).
* Kami percaya bahwa YHWH telah menyatakan diri-Nya melalui banyak cara, karakteristik dan penyataan, diantaranya sebagai Bapa, Firman (Memra) dan Roh Kudus (Ruach ha-Kodesh).
2. MESIAS
* Kami percaya Yeshua (Yahushua) HaMashiach telah datang dan dengan sukacita kami menantikan kedatangannya kembali, sekalipun ia mungkin menundanya, kami tetap siap-sedia menyambut kedatangannya setiap hari.
* Kami percaya Yeshua lahir oleh perawan kudus, hidup tanpa dosa menurut hukum Taurat, melakukan mukjizat, disalibkan untuk menebus umatnya sesuai dengan apa yang tertulis dalam Kitab Suci, bangkit pada hari ketiga, naik ke surga dan duduk di sebelah kanan YHWH.
3. KESELAMATAN
* Kami percaya bahwa kami telah menerima keselamatan melalui wafatnya Mesias, karena darah perjanjian-Nya yang dicurahkan untuk setiap orang percaya.
* Kami percaya bahwa keselamatan adalah kasih karunia YHWH semata-mata, bukan diperoleh dari hasil pekerjaan kami memelihara Taurat.
4. KITAB SUCI
* Kami percaya bahwa Alkitab adalah Firman Elohim yang sempurna, diilhami oleh Roh Kudus dalam setiap titik dan hurufnya.
* Taurat adalah pengajaran YHWH yang diberikan kepada umat-Nya melalui Musa, tidak berubah dan tidak dibatalkan hingga langit dan bumi berlalu.
* Kami percaya memelihara Taurat adalah kewajiban moral manusia dan wujud pernyataan kasih setia kita kepada YHWH.

Selaras dengan pernyataan iman yang dikeluarkan oleh WNAE International Nazarene Beit Din

Discussion Forum

Yeshua ha-Mashiach Juruselamatku, Taurat Kesukaanku (2)

Started by James Trimm. Last reply by Yosua Mar 7, 2011. 1 Reply

Rasul Paulus (Rav Shaul) adalah salah seorang tokoh sekte Nasrani "Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini [Paulus] adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang…Continue

Kaum Nasrani dan Nama YHWH

Started by James Trimm. Last reply by D.N Jul 12, 2010. 1 Reply

NAMA YAHWEH DALAM SEJARAH Kaum Nasrani dan Nama YHWH oleh James TrimmSalah satu perbedaan utama antara Yudaisme Nasrani dengan aliran utama Yudaisme pada abad pertama adalah penggunaan mereka nama…Continue

Sebuah Kerja Luar biasa dan sebuah Wonder (Sebuah Studi Tingkatan Dalam Yesaya 29)

Started by James Trimm Jul 6, 2010. 0 Replies

Sebuah Kerja Luar biasa dan sebuah Wonder(Sebuah Studi Tingkatan Dalam Yesaya 29)Dengan Trimm James ScottYesaya Nabi meramalkan suatu pekerjaan yang mengagumkan dan mengherankan bahwa YHWH akan…Continue

Paulus berpendapat Sebelum Talmud Sanhedrin yang

Started by James Trimm Jul 4, 2010. 0 Replies

Paulus berpendapat Sebelum Talmud Sanhedrin yangSebuah Memahami lebih dalam Kisah Para Rasul 23:06Dengan Trimm James ScottDalam Kisah Para Rasul 22:30-23:10 Paulus dibawa ke hadapan Mahkamah Agama…Continue

Akar Penopang Seri 1: Gereja Tercerabut Dari Akar Ibrani

Started by James Trimm Jun 29, 2010. 0 Replies

01-07-2007Akar Penopang Seri 1: Gereja Tercerabut Dari Akar Ibrani  AKAR ITU YANG MENOPANG KAMU Pemahaman Tentang Kembali Ke Akar Ibrani [Rm 11: 16-24]MENGAPA KEMBALI KE AKAR IBRANI? Akhir-akhir…Continue

Yeshua ha-Mashiach Juruselamatku, Taurat Kesukaanku (1)

Started by James Trimm Jun 29, 2010. 0 Replies

Yeshua ha-Mashiach Juruselamatku, Taurat KesukaankuAku rindu kepada Yeshua (keselamatan)-Mu, ya TUHAN, dan Taurat-Mu menjadi kesukaanku.(Mazmur 119:174) Rabbi Yeshua ha-Mashiach Rabbi Yeshua dari…Continue

Marcion: Penyeleweng Ajaran Paulus

Started by James Trimm Jun 29, 2010. 0 Replies

Marcion: Penyeleweng Ajaran Paulus Jika seseorang mau melihat dengan hati yang jernih, ia akan menemukan bahwa banyak sekali doktrin dan ajaran Gereja dibangun atas dasar surat-surat Paulus.…Continue

Kronologi Sebelum, Semasa dan Sesudah Yeshua (3)

Started by James Trimm Jun 29, 2010. 0 Replies

118. Kaisar Hadrian berkuasa.120. Awal kontroversi hari raya Paskah. Orang Nasrani di Timur menolak memindahkan perayaan hari Paskah ke hari Minggu.125. Telesphorus, uskup Roma.125. Quadratus, uskup…Continue

Kronologi Sebelum, Semasa dan Sesudah Yeshua (2)

Started by James Trimm Jun 29, 2010. 0 Replies

48-93. Agrippa II, Raja Yudea. Memerintah dari Chalcis antara tahun 48-52 dan dari Iturea antara tahun 52-93.48. Paulus menulis I Tesalonika.Akhir 48. Petrus di Antiokhia (Galatia 2:11-16). 49.…Continue

Kronologi Sebelum, Semasa dan Sesudah Yeshua (1)

Started by James Trimm Jun 29, 2010. 0 Replies

Oktober 333. Alexander Agung dari Yunani mengalahkan Darius III raja Persia.323. Alexander meninggal, kerajaannya menjadi rebutan enam orang diadochoi (penerus). Ptolomeus berkuasa di Mesir, Seleukos…Continue

Comment Wall

Comment by James Trimm on July 30, 2010 at 6:20pm
Mengembalikan Chag Yeshua Pesta Deliverance
Dengan Trimm James Scott


Ada festival amazng dan penting dalam kalender Alkitab yang telah hilang dan belum diamati selama berabad-abad. Festival ini berlaku dalam Kitab 3 dari Makabe, tapi karena buku ini telah dihapus dari kanon (bersama dengan sisa tulisan yg diragukan pengarangnya itu), festival ini secara efektif dihilangkan dengan itu. Sebagai pemulihan kebenaran terus, salah satu hal yang perlu kita lakukan adalah mengembalikan festival, hilang alkitabiah untuk ketaatan kita.

Apa latar belakang festival ini? Setelah Pertempuran Rafia di 217 B.C.E. Ptolemeus IV berusaha untuk memasuki Ruang Mahakudus di Yerusalem, tetapi secara ajaib jijik (3Macc. 1:01-2:24). Sekembalinya dari Mesir ia berusaha untuk menghukum orang-orang Yahudi di sana selama penghinaannya. Dia menurunkan status politik mereka dan berusaha untuk memaksakan kekafiran mereka (3Macc. 2:25-33) dan penyiksaan dan membunuh orang-orang yang menolak untuk meninggalkan agama Yahudi (3Macc. 3:01-5:51) Seorang imam tua bernama Eleazar untuk berdoa pembebasan umat-Nya (3Macc. 6:1-25), YHWH intervensi membawa tentang pertobatan raja dan pembebasan orang Yahudi (6:16-07:23) Orang-orang Yahudi menyatakan festival tahunan yang disebut "Pesta Deliverance "(Chag Yeshua) sebagai perayaan tahunan keselamatan dari orang-orang Yahudi di Mesir saat ini. Festival ini berlaku dari 8 sampai 14 bulan Epeiph Mesir. Kalender Mesir adalah Kalender Solar dan hari-hari ini sesuai dengan 19 Agustus 217 SM pada Kalender Julian dan ini 12 Elul 3544 dalam kalender Ibrani. Festival ini harus diamati pada tanggal 12 Elul setiap tahun.

Dan ada unsur lain di festival ini bagi kita sebagai orang percaya dalam Mesias. Kata Ibrani untuk "pembebasan" adalah Yeshua jadi kita ada di sini "Pesta Yeshua". Pembebasan orang Yahudi dari tangan Ptolemeus IV poin kita maju ke pembebasan Israel oleh Yeshua Mesias. pesta ini memberi kita tema penting lain, Mesias dan pembebasan Israel.

Apa yang kita lakukan pada Hag Yeshua? Teks dari 3 Makabe memberitahu kita bahwa hari itu dirayakan dengan gembira dan mereka "yang dimahkotai dengan segala macam bunga wangi" Teks ini juga memberitahu kita. Bahwa mereka:

1. Makanan perayaan yang disebut "The Banquet dari Deliverance" atau "The Banquet Yeshua". Hal ini seharusnya tidak bingung dengan Sader Paskah dan akan lebih mirip dengan sebuah "", atau kali ini tahun Thanksgiving Dinner barbeque, seorang. (3Macc. 6:31)

2. Lagu tradisional ("Lagu-lagu nenek moyang mereka") dan memuji Yah sebagai "penyelamat". Terutama lagu yang tepat tentang "Keselamatan" atau yang berbicara tentang pertahanan Yah sebagai perisai kami. (3Macc. 6:32)

3. Ibrani Tari Tradisional (2Macc. 06:35)

4. Jelas festival harus melibatkan menceritakan kisah 3 Makabe.

Sejak festival ini pada musim panas (setidaknya di belahan bumi utara) ini poin jelas untuk musim panas pesta. Modern kegiatan dapat mencakup barbeque dan pihak kolam.

Pada tahun 2010 Chag Yeshua (Pesta Deliverance) akan berjalan tujuh hari mulai 22 Agustus 2010. Saya ingin mendorong Anda untuk bergabung Nasrani WNAE dan lainnya di seluruh dunia musim panas ini seperti yang kita amati lagi festival ini untuk pertama kalinya dalam hampir 2.000 tahun.


James Scott Trimm
Worldwide Nazarene Majelis Elohim
http://www.wnae.org

Comment

You need to be a member of Komunitas Nasrani Indonesia to add comments!

 

Members (22)

 
 
 

 

 

 


















 

LINKS

 

 

 

 

Badge

Loading…

© 2014   Created by James Trimm.

Badges  |  Report an Issue  |  Terms of Service